Neuschwanstein

Dari sekian banyak yang bisa dianggap untuk menjadi landmark negara bagian Bayern (baca: Bavaria), Neuschwanstein patut untuk dinobatkan menjadi salah satu diantaranya. Konon, ide lambang Walt Disney yang berbentuk kastil itu ditiru dari bangunan bersejarah ini.

Dari Muenchen, kastil ini dapat ditempuh dengan kereta selama dua setengah jam ke daerah Füssen lalu dilanjutkan dengan bus atau taxi sekitar 10 menit menuju Hohenschwangau. Dari sini (di kaki gunung), kita boleh memilih apakah melanjutkan perjalanan dengan naik delman atau berjalan kaki menuju ke kastil yang berada di puncak gunung. Tiket untuk masuk ke dalam kastil juga harus dibeli sini.

Di dalam castil sendiri, selain melihat isinya secara keseluruhan, kita diajak mengunjungi ruang2 pribadi sang raja, . Mulai dari kamar tidur, ruang kerja, ruang makan dan ruang resmi di mana sang raja biasa menerima tamu. Peralatan dan aksesories istana dari jaman Ludwig II sebagian besar juga bisa dilihat di sini. Lukisan lukisan kesayangannya, hasil tulis tangannya, dsb. Sayangnya, pengunjung dilarang membawa segala macam bentuk kamera dan video.

Mulai dibangun sejak September 1869, sebagai gagasan dari Raja Bavaria yang berkuasa saat itu, Ludwig II (1845-1886), kastil ini diniatkan sebagai tempat tinggal sang raja yang baru, meninggalkan kastil ayahnya Maximilian II yang juga terletak di daerah Hohenschwangau. Tetapi dibalik itu, pembangunan kastil ini mempunyai latar belakang politik. Pada tahun 1866, Bavaria yang saat itu beraliansi dengan Austria takluk melawan Prussia. Sejak saat itu, Ludwig II hanya sekedar boneka yang harus menuruti kemauan pemimpin Prussia. Salah satu haknya yang dicabut adalah kekuasaan atas pasukannya jika terjadi perang. Tahun 1867, Ludiwg II mulai merencanakan untuk membangun kerajaannya sendiri di mana dia bisa menjadi “raja” yang sebenarnya.

Selain pemandangan sekitarnya yang indah, bangunannya yang megah, daya tarik kastil ini adalah misteri yang melingkupi raja Ludwig II sendiri . Sang raja wafat sebelum pembangunan kastil ini betul betul rampung, dalam “keterasingan” yang diinginkannya sendiri. Salah satu ucapannya yang terkenal, diucapkannya di depan umum tidak lama sebelum kematiannya adalah, "I want to remain an eternal mystery to myself and others.” Sampai sekarang, masih ada beberapa teori mengenai penyebab kematiannya. Ada yang menganggapnya bunuh diri, dibunuh, sementara yang lain menganggapnya mati “kecelakaan”.

Tujuh minggu setelah kematian sang raja, Kastil ini dibuka untuk umum. Setiap tahunnya, kastil ini dikunjungi sekitar 1,3 juta pengunjung. Pada musim panas, rata rata 6.000 orang berkunjung ke sini setiap hari. Pemerintah Negara bagian Bayern sendiri sudah menginvestasikan 11,2 juta euro untuk biaya renovasi dan pemeliharaan sejak tahun 1990.
Jadi, jika anda berkunjung ke Jerman, jadikan Neuschwanstein sebagai salah satu tujuan. :-)

Untuk gbr dan cerita lebih detail:
http://www.neuschwanstein.com



___________________________________________

4 Comments:

  • disempetin juga ngomong panjang kayak gitu sebelum kematiannya...ternyata raja ludwignya juga belajar bahasa inggris ya Don?

    By Anonymous Anonymous, At 9:34 AM  

  • pro memey:
    Bukan persis sebelum kematiannya sih..mungkin beberapa bulan sebelumnya lah...mboh aku..

    Ngomongnya jg pake bahasa jerman kok, kurang lebih begini.."EIn ewig Rätsel will ich bleiben mir und anderen."

    By Anonymous Anonymous, At 9:51 AM  

  • selama ini selal penasaran sama lambangnya walt disney. ternyata dari situ toh...

    By Blogger -Fitri Mohan-, At 8:33 AM  

  • Yang kebayang cuman hunting... hunting dan hunting. Mas dah pernah aplod foto di FN? pasti kan fotomu bagus2 tuh... kalo dah pernah aplod ntar gue liat :D

    By Blogger Rey, At 5:18 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home