Tega

Hyena adalah jenis carnivora dari keluarga Hyaenidae yang banyak dijumpai di Africa dan termasuk hewan dilindungi. Sering didapati bergerombol ke mana mana. Dalam mencari makan, biasanya memaksa calon mangsa untuk terpisah dari kawananya, dibiarkan terkuras tenaganya, lalu kemudian diserang dan dimakan hidup hidup. Strategi dalam mencari mangsa selalu disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Jika jumlah mereka sedikit, mereka tidak akan gegabah untuk mengejar mangsa yang besar.

Hewan ini sering diasosiasikan dengan kerakusan, pengecut dan kotor. Meski demikian, sama halnya dengan serigala ataupun harimau, hyena tidak akan pernah membunuh mangsa melebihi yang mereka butuhkan, apalagi menimbun.
Begitu mereka kenyang, mereka akan bermain bersama kelompoknya kembali ataupun menghabiskan hari dengan tidur.

Di Jakarta, ibu kota negara tercinta, pada sebuah negara yang orang orangnya katanya beradab, beragama dan ramah, beberapa orang tidak sanggup membeli beras. Pemerintah dengan niat baiknya untuk mengayomi, mencoba melaksanakan operasi beras, menjual beras dengan harga terjangkau yang tentu saja hanya diperuntukkan untuk orang orang yang tidak beruntung. Tempat ditentukan, waktu ditetapkan, mereka telah antri sedari pagi demi menyambung hidup beberapa hari.

Sampai di sini, semua berjalan normal, gak ada yang salah, sampai ketahuan bahwa diantara yang antri, ada joki2 bayaran dari juragan beras yang ingin mendapat keuntungan dari perbedaan harga yang tidak seberapa buat mereka.

Kalau dibilang juragan beras, pasti punya banyak persediaan beras kan? Perutnya mungkin gak pernah "kekurangan" beras, hidupnya pun mungkin mewah, setidaknya dibanding orang orang yang antri beras karena tak mampu itu. Entah ide brilliant (baca licik) dari mana mereka dapat hingga berpikiran untuk "berpartisipasi" dalam pembagian beras itu. Mereka toh tidak akan dapat berton ton beras pembagian. Tidak akan dapat keuntungan berlimpah olehnya. Tidakkah mereka malu terhadap binatang? pada hyena yang katanya rakus dan licik itu? Atau mungkin orang orang seperti ini lebih pantas menjadi anggota family Hyaenidae dibanding Hominidae?
Daripada dilindungi, orang orang begini sebaiknya ditangkap dan dilepas di hutan Sumatera atau Kalimantan.





___________________________________________

2 Comments:

  • hmm...hutannya ntar jadi penuh dong ahhh....

    By Anonymous Anonymous, At 8:11 PM  

  • kebalik tuh... justru si hyena yg niru juragan beras, hehehe...

    mmmm... tiba2 jadi inget pelem lion king, ada 1 hyena dodol bernama ed, kocak bgt tu hyena.

    By Blogger Rey, At 7:58 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home