Buen fin de semana!

Menjadi Pegawai kantoran di sini kayaknya relative lebih enak dibanding di Indonesia. Maksud saya, bila dibandingkan dalam hal pemenuhan atau perlindungan hak karyawan.

Seorang karyawati yang sedang hamil misalnya, dia bisa ngambil cuti setidaknya sebulan sebelum melahirkan sampai 6 bulan setelah hari H dengan tetap menerima gaji penuh. Saat si kecil berusia 6 bulan, sang ibu bisa memutuskan untuk mengambil "Erziehungsurlaub“ (maternity leave) yang mengijinkan dia cuti dari kantor sampai maksimal 3 tahun!! Dan setelahnya masih bisa kembali bekerja di kantor yang sama dengan standar yang sama saat dia belum melahirkan. Cuma, selama Erziehungsurlaub ini, perusahaan tidak lagi berkewajiban membayar gajinya. Sebagai ganti, si ibu bisa apply ke instansi pemerintah terkait yang memberinya tunjangan yang disebut Elterngeld yang bervariasi dari 600 sampai 1800 Euro sebulan (tergantung besaran pendapatan terakhir juga).

Kalau sang ibu ngotot pengen bekerja, dia bisa berkompromi dengan perusahaannya untuk bekerja paruh waktu (biasanya 20 jam dari aturan normal 35 jam seminggu). Kalau begini, pembayaran gaji dan juga elterngeld disesuaikan.
Not bad, right?

Lucunya, meski aturan tersebut dibuat sedemikian rupa untuk mendukung setiap keluarga untuk memiliki anak, semakin sedikit pasangan di sini yang berniat untuk mempunyai keturunan.
Teman saya pernah bercanda kalau aturan serupa diberlakukan di Indonesia, bisa bisa setelah Erziehungsurlaub, kemudian karyawatinya masuk kantor kembali, lagi lagi dia dalam keadaan hamil anak kedua...:-)

Kelebihan yang lain adalah jatah cuti setahun yang lebih banyak, 35 hari kerja. Bandingkan dengan beberapa instansi di Indonesia yang memberikan tidak lebih dari setengahnya. Waktu kerja juga lebih sedikit, 35 jam seminggu (kalo gak salah di Indonesia 40 jam) dan lebih flexibel. Flexibel dalam artian jika seseorang sudah bekerja selama 35 jam dari Senin sampai Kamis, maka Jumat dia boleh gak masuk kantor. Kalaupun tetap masuk, maka berarti dia dapat jatah cuti tambahan selama sehari. Secara keseluruhan, waktu kerja akan diperhitungkan setiap bulannya. Jika lebih, akan ditambahkan ke jatah cuti tahunan, jika kurang, dia harus mengganti dibulan berikutnya.

Dan kalau Jumat seperti hari ini, matahari cerah, langit biru...burung burung berkicau, hmm.....kayaknya pulang sejam lebih awal juga gak apa apa..:-)

Selamat berakhir pekan....Have a nice weekend...schönes Wochenende...buen fin de semana!!!

Photo diambil dari sini .

___________________________________________

6 Comments:

  • Dan kalau Jumat seperti hari ini, matahari cerah, langit biru...burung burung berkicau, hmm.....kayaknya pulang sejam lebih awal juga gak apa apa..:-)

    Mas...! itu burung burung siapa??

    By Anonymous Anonymous, At 4:58 PM  

  • Bener bener sorga karyawati, coba kalo kantor saya yang dulu kayak gini...saya yakin penerimaan pegawai selanjutnya bakal didominasi 99,9% para pria maklum pak...gak banyak izin-nya heheh

    By Anonymous Anonymous, At 5:10 PM  

  • Yang bolos Jumat karena sakit jadi takut komen....

    Mode silent ajah......

    By Anonymous Anonymous, At 8:24 PM  

  • coba yaa.. hak waktu cuti dan bekerja para perempuan indonesia bisa sama seperti di Jerman!

    Saya yakin tak ada namanya supermowan yang sukses di karier sukses juga dikeluarga secara normal, NOnsense!

    Saya punya pengalaman ketika harus memilih 2 kesempatan yang berharga bagi saya hehe yaitu kembali kekantor untuk karir sekaligus dapat menambah ekonomi keluarga, atau mengurus bayi saya yang baru berumur 2 bulan!

    Akhirnya tanggung jawab terbesar saya lebih memilih membesarkan, mengawasi sendiri anak saya tanpa berkeinginan menyewa ´asisten´ lain, sambil berdoa diberi kemudahan rejeki lewat satu pintu keuangan saja...

    By Anonymous Anonymous, At 2:01 PM  

  • aku kerja teorinya sih 35 jam seminggu. tapi bossku suka ngajak chatting sambil ngobrolin kerjaan pas aku udah sampe rumah. jadi, berasa kerja 60 jam seminggu aja nih. cape deh. makanya, kalau udah di depan YM, aku selalu pasang mode invi.

    lah, kok jadi curhat.

    have a nice day ya.

    By Blogger -Fitri Mohan-, At 5:57 AM  

  • emang ya, rumput tetangga jauh lbh ijo drpd rumput sendiri, padahal aslinya mah... emang rumput kita gersang hehehe.

    Mmmm kalo gak salah org2 jerman dulu pernah protes jg deh, kalo bs kerja tu ampe kamis aja, dan setau gue semakin dikit jam kerja semakin baik (kalo ndak salah lho yaa...). Trus yg cuti 3 taun itu, kl gak salah bs gantian deh, mis.nya 1 1/2 taun yg cuti istrinya, trus 1 1/2 taun lagi yg cuti suaminya buat ngurusin anak, nnggg tp itu di austria deng... apa di jerman bs begitu juga?

    Tapi yang penting di situ ada lowangan gak? hehehe... brauchts du eine Assistaentin, vielleicht? *wink wink* ich verspreche, nicht blogging zwischen der Arbeitszeit zu machen (ancurr deh tu bhs...) :D

    By Blogger Rey, At 7:28 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home