Tom Cruise dan Scientology

Belakangan, bintang Hollywood yang melejit lewat film Top Gun ini jadi bahan perbincangan media Jerman. Pemicunya adalah buku Andrew Morton (penulis "Diana, her true story") yang membeberkan hal hal negative tentang suami Katie Holmes tersebut. Dalam bukunya "Tom Cruise, unauthorized Biography" yang released minggu lalu, Morton menulis beberapa hal yang membuat Cruise berang. Diantaranya bahwa sang anak, Suri, lahir dari sperma pendiri Scientology Ron Hubbard yang dibekukan. Hubbard sendiri sudah meninggal dunia tahun 1986 lalu. Statement lainnya disebutkan bahwa perceraian sang aktor dengan dua istri sebelumnya adalah andil dari orang2 Scientology karena keduanya adalah pemeluk Katholik dan tidak mau berpindah agama.


Tentu saja sang aktor membantah pernyataan tersebut habis habisan. Pengacaranya, Bertram Fields, mengungkapkan bahwa buku tersebut penuh kebohongan. Dia juga langsung menggugat Morton sebanyak 100 juta dollar!!


Lalu kenapa media di sini jadi ramai membahasnya? Karena dalam buku Morton disebutkan pula bahwa syuting film "Valkyrie" yang sebagian besar dilakukan di Jerman hanya merupakan kedok buat Cruise. Dibalik itu, Cruise yang menghabiskan waktu berbulan2 di Berlin untuk syuting film tersebut dianggap melakukan promosi terselubung untuk menyebarkan ajaran kepercayaannya. Dengan pesona dan daya tariknya, Cruise memang menjadi tombak utama penyebaran ajaran Scientology. Jerman disebut sebut sebagai tempat ideal untuk menancapkan pengaruh ajaran ini di Eropa. Kedekatan Cruise dengan David Beckham dan istrinya juga disebut sebut karena ada misi yang diemban dari kelompoknya.


Scientology mulai diperkenalkan pada tahun 1954 oleh penulis fiksi Ron Hubbard. Meski memakai embel2 science, dasar pemikiran ajaran ini kurang masuk di akal orang waras. Alkisah, 75 juta tahun yang lalu manusia dibawa ke bumi oleh raja mahluk luar angkasa bernama Xenu, bla..bla..bla

Di Jerman, kelompok ini diperkirakan mempunyai 6000 orang pengikut. Untuk sementara, "ijin" yang mereka gunakan untuk tempat mereka berkumpul adalah ijin gereja. Mereka menyebutnya gereja scientology. Itulah salah satu yang membuat masyarakat di sini khawatir karena ajaran ini sama sekali berbeda dengan ajaran agama Kristen. Sementara ini di beberapa Bundesland, ajaran Scientology tidak dianggap sebagai agama melainkan sekte yang dilarang.
Well, pernyataan2 Andrew Morton lewat bukunya masih harus dibuktikan lebih jauh. Cuma menurut saya Cruise sudah tersesat di alam pikirannya sendiri. Bergelimang harta, smart, charming, bisa mendapatkan (hampir) semua yang diinginkan akhirnya menganggap dirinya "lebih".







___________________________________________

1 Comments:

  • wah kalau masuk ke Indonesia langsung deh serang massa :)

    By Blogger geka, At 5:48 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home